Rabu, 23 Januari 2013

SERBA SERBI SEMBOYAN 3 B

Semboyan 3B ternyata memiliki makna berbeda pada tiap daerah. Paling tidak semboyan ini dikenal di Papua, Manado, dan Palembang.

Secara nasional kita mengenal semboyan 3B ketika ada event Lomba Ratu Kecantikan alias Pemilihan Puteri Indonesia, yaitu: b (Brain), B (Beauty), dan B (Behavior). Penilaian terhadap seorang ratu didasari pada tiga kriteria tersebut, yaitu: Brain (kecerdasan), Beauty (kecantikan fisik), dan Behavior (kepribadian dan tingkah laku)


-----

Kalau ke Manado, Sulawesi Utara sering kita mendengar ada celetukan tentang 3B, yaitu: Bubur, Bibir, dan Bunaken. Celetukan ini terkesan agak nakal tapi begitu terkenal. Terlepas dari kesan sedikit genit, tapi penulis mengakui, bubur Manado memang enak dan Bunaken sangat indah.


-----

Di Papua, istilah 3B  populer untuk menggambarkan tingkah laku para lelaki di daerah Indonesia paling Timur tersebut,  yaitu B (Bar), B (Bir), dan B (Bor). Semboyan ini untuk menyindir kebiasaan lelaki yang suka pergi ke Bar, minum Bir (mabok), lalu nge-Bor (menyewa layanan perempuan)


-----

Di Palembang, Sumsel, kita juga mengenal 3B untuk menggambarkan kekesalan terhadap seseorang yang susah diatur, yaitu B (Bodoh), B (Bengak), dan B (Belagu). Sudah bodoh, susah menerima ajaran, belagu lagi!


-----

Gusti Randa, pengacara yang juga artis, ketika  maju sebagai calon anggota Exco PSSI mengusung semboyan 3B: Benar, Bersih, dan Bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PRASANGKA BAIK PELAYAN WARUNG MAKAN

 A njuran berprasangka baik (husnuzon) kayaknya paling diterapkan oleh penjaga warung makan. Mereka tak mudah tersinggung hanya oleh ucapan ...