Senin, 09 November 2020

PRASANGKA BAIK PELAYAN WARUNG MAKAN

 Anjuran berprasangka baik (husnuzon) kayaknya paling diterapkan oleh penjaga warung makan. Mereka tak mudah tersinggung hanya oleh ucapan pelanggan.

Lihatlah pelayan Warung Padang, tak pernah tersinggung meski pelanggannya bilang:  "Apakah kalian di sini ada otak?" Paling mereka hanya tersenyum bilang "Maaf Pak/Bu, kami di sini gak jual otak!" (Warung Padang memang biasanya jual gulai otak)

Begitu juga dengan pelayan Warung Palembang, mereka tak tersinggung ketika ada pelanggan bilang: "Apakah kalian di sini galak dengan pelanggan baru?" Mereka paling bilang: "Galak nian ey, apalagi lagi kalo pelanggan baru itu cantik, ganteng, dan royal (Galak bahasa Palembang artinya suka)

Warteg (sinarharapan.co)

Paling berprasangka baik adalah pelayan Warung Tegal alias Warteg, tidak akan marah meski dibilang "bispak". Mereka hanya akan senyum mengiyakan, karena semua pelayan warteg past bispak alias bisa ngapak (bahasa Tegal memang ngapak)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PRASANGKA BAIK PELAYAN WARUNG MAKAN

 A njuran berprasangka baik (husnuzon) kayaknya paling diterapkan oleh penjaga warung makan. Mereka tak mudah tersinggung hanya oleh ucapan ...